Kamis, 06 Januari 2011

Tangkuban Perahu


Gunung Tangkuban Perahu yang terletak sekitar 30 km di utara Kota Bandung. Tepatnya berada di Tanah Air Indonesia, berada di daerah lembang, dapat di tempuh kurang lebih dengan waktu 30 menit dari Bandung menggunakan kendaraan bermotor. Gunung yang memiliki ketinggian 2,084 meter ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang menarik di Jawa Barat.  Lingkuangan alamnya yang sejuk, dan sumber mata air panas di kaki-kaki gunungnya serta deretan kawah yang memanjang telah menjadi daya tarik tersendiri. Tangkuban perahu adalah gung berapi. Dinamakan tangkuban perahu karena bentuknya yang menyerupai kapal yang terbalik.

                Nama Tangkuban Perahu sendiri memiliki sejarah yang sangat lekat dengan sebuah legenda tanah Sunda yang sangat terkenal, yaitu Sangkuriang. Tangkuban Perahu yang dari kejauhan tampak seperti perahu berbalik, konon diakibatkan oleh kesaktian Sangkuiang yang gagal membuat perahu dalam waktu semalam untuk menikahi Dayang Sumbi yang tak lain Ibu kandungnya sendiri. Karena begitu kesalnya Sangkuriang pun menendang perahu yang belum jadi tersebut. Begitulah legenda yang berkaitan erat dengan penamaan gunung Tangkuban Perahu.


                Wisata alam andalan Provinsi Jawa Barat, khususnya Bandung, memiliki Keindahan yang begitu mempesona. Pada saat cuaca cerah , lekukan tanah pada dinding kawah gunung nampak terlihat jelas, ditambah lagi dengan hijaunya pepohonan di sekitar gunung. Untuk menuju kegunung Tangkuban Perahu  bisa di lihat di kanan kiri jalan ada hamparan hijaunya kebun teh dan juga barisan pohon-pohon  pinus. Udaranya sangat sejuk , karena gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung yang sampai saat ini masih aktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar