Kamis, 06 Januari 2011

MANFAAT KOMPUTER DI BIDANG PENDIDIKAN

Nama komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang mengandung arti menghitung. Komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima input berupa data, dapat mengolah data tersimpan di memori, serta dapat menyimpan program dan hasil pengolahannya yang bekerja secara otomatis.

Mungkin kita semua telah mengenal apa itu yang di namakan komputer, tetapi beberapa sebagian dari kita belum mengerti apa itu komputer, disini saya akan mendefinisikan tentang ilmu komputer. Tak bisa dipungkiri, bahwa dunia pendidikan sekarang ini sangat membutuhkan komputer, baik dalam bentuk komputer desktop maupun jinjing (laptop). Bila dicermati, ada beberapa manfaat komputer di bidang pendidikan.

Komputer dapat mengembangkan daya intelektual, menambah kemampuan (skill). Komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media di dalamnya. Dalam dunia maya atau yang kita kenal dengan internet (website). Dengan adanya komputer telah memacu para pemakainya manusia untuk mengembangkan karya-karyanya dengan menuangkan informasi serta segala pengetahuan melalui Blog yang sedang marak dan berkembang pada pendidikan saat ini.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari komputer di dalam bidang pendidikan, seperti seminar-seminar atau presentasi yang diselenggarakan mengunakan LCD yang berkaitan langsung dengan komputer saling berkaitan satu sama lain. Serta proses belajar mengajar yang mengunakan komputer dapat lebih membantu proses mengajar serta mengembangkan daya tangkap bagi pelajar yang menggunakan, dan dalam proses pembelajaran yang diterapkan pula pada tingkatan Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) Laboratorium Bahasa yang berinteraksi langsung menggunakan komputer serta perangkat-perangkatnya yang dapat dipelajari lebih jauh dan dikembangkan lagi.
Di dunia pendidikan di kota-kota besar komputer sudah diperkenalkan sejak anak-anak masuk taman kanak-kanak atau play group untuk bermain. Selain digunakan sebagai alat bantu untuk pembelajaran yang interaktif, serta bersifat audiovisual untuk memudahkan proses pembelajaran itu sendiri. Seperti di sekolah-sekolah dari pendidikan dasar sampai tingkat perguruan tinggi komputer dapat memberikan kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran secara efektif dan efisien yaitu dengan adanya perpustakan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book).
Perkembangan teknologi komputer saat ini telah membentuk suatu jaringan (network) yang dapat memberi kemungkinan bagi ranah pendidikan atau siswa/siswi pelajar untuk berinteraksi dengan sumber belajar secara luas. Peranan komputer dalam ranah pendidikan sangatlah penting. Saat ini teknologi semakin berkembang dan pesat. Jaringan komputer berupa internet dan web yang termasuk didalamnya bagian dari komputer.

Sekian paparan saya mengenai manfaat komputer di bidang pendidikan.

Semoga bermanfaat.

Berikut nara sumbernya :

1.http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2062081-manfaat-komputer-bagi-bidang-pendidikan/

2. www.wikipedia.com

3. e-book

1 komentar:

  1. Makasih sob udah share, blog ini sangat membantu saya sekali .......................



    bisnistiket.co.id

    BalasHapus